,

Pembukaan Sawah di Buluh Awar (1902)

by
Pembukaan Sawah di Buluh Awar, 1902

Tahun 1902, Pdt. M.Joustra menuliskan Jurnal Laporan dari Misi (Zending) yang berada di Buluh Awar. Tulisan ini dibuat tanggal 31 Desember 1902 di Buluh Awar dan dimuat dalam buku Mededeelingen van wege het Nederlandsche  tahun 1903.

M. Joustra melaporkan bahwa usulannya terdahulu tentang pembangunan sawah untuk Boeloeh Awar telah diwujudkan. Tahun 1902, lahan telah dibuka dan digunakan sebagai sawah kering. Berbagai peserta meminta ia untuk membagikannya dengan adil.

Untuk itu perlu dipetakan terlebih dahulu, ia mengakui bahwa pekerjaan ini tidak biasa baginya. Apalagi terhadap kondisi alam yang sepenuhnya ia kurang pahami yang juga menyulitkannya.

Tetapi dengan bantuan kompas Schmalbalder, proses pengukuran lahan berhasil dalam beberapa hari sangat menggembirakan. Lalu beberapa salinan peta dibuat, yang masing-masing peserta mendapat satu, sementara satu disimpan di arsip Konferensi, dan satu dikirim ke Inspektur, ini untuk mencegah perselisihan jika mungkin timbul untuk membuat keputusan menjadi mudah kelak.

Setelah seluruh lahan yang direncanakan menjadi sawah, ini berarti peningkatan sawah lebih kurang 9 bahu untuk desa kecil seperti Boeloeh Awar. Hasil ladang  selama ini tidak cukup. Sejauh ini tahun ini saja, mayoritas penduduk hampir tidak memiliki beras yang cukup dalam tiga atau empat bulan terakhir.

Beberapa orang kaya masih bisa membeli, tetapi kebanyakan orang harus mencari bahan makanan pengganti beras tetapi bukan jagung, karena hampir tidak ada. Bahan makanan pengganti adalah sagu yang diambil dari pohon sagu. Untuk bahan ini juga sangat tidak memadai dan tidak terlalu bersih. Joustra mengaitkan ini dengan banyaknya penyakit perut di bulan-bulan terakhir ini.

Atas desakan Joustra, tahun ini dimulai penanaman padi, dan semoga  panen sawah kering hasilnya dapat memadai.