Pembangunan Jalan ke Gundaling (1939)

by

Koran “Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indië” pada tanggal 8 April 1939 menuliskan pembangunan jalan melingkari Gundaling telah dilakukan. Keindahan Bukit Gundaling menjadi daya tarik untuk perluasan pembangunan kota Berastagi. Berikut pemberitaannya :

 

Membangun Lahan di Berastagi

Akses ke lereng bukit Gundaling.

Sehubungan dengan lambannya pembangunan di Berastagi  (sementara masih ada lahan di Goendaling, tapi mereka menginginkan kebun yang layak di sekitar rumah mereka dan tidak mendapat banyak kesempatan di bukit ini), perlu disepakati mencari lahan yang cocok, yang memenuhi syarat, tulis harian Deli Courant.

Pengunjung yang biasa ke Berastagi akan tahu, bahwa di sana ada bukit yang membelah Berastagi di bagian Utara. Terdapat jalur pendakian yang indah dan memberi para wisatawan kesempatan untuk berjalan-jalan menikmati pemandangan indah.

Kesulitannya, bagaimanapun sejauh ini hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki.

 

Itu sekarang akan berubah.

Dimulai dari rumah Dr. Krause, sebuah jalan akan dibangun di sepanjang lereng dan dengan demikian membentuk jalan lingkar yang menghubungkan Berastagi dengan Bungalow milik kantor pemerintahan Medan.

Pekerjaan telah dimulai pada pembukaan lahan tanah dan telah terbangun panjang jalan sekitar satu kilometer, dan tampaknya rute tersebut akan selesai tahun ini keseluruhannya (sekitar empat kilometer).

Tentu saja, akan ada rencana melanjutkan pengerasan jalan.

Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indië, 08-04-1939

Het nieuws van den dag voor Nederlandsch-Indië, 08-04-1939

 

Lokasi akan mudah dijangkau, dan akan dilakukan pemetaan perencanaan pembangunan daerah ini. Akan menjadi tempat yang terindah dari semua lokasi di Berastagi,  dengan pemandangan yang tidak ada di tempat lain.

Walaupun memiliki kekurangan yaitu menjadi agak jauh dari pusat kota Berastagi dan pusat pasar, akan tetapi memiliki keuntungan yang jauh lebih besar yaitu mendapatkan pemandangan yang luar biasa dan tidak terganjal dengan harga tanah, karena harga tanah tentu jauh lebih rendah dari pada di pusat kota.