Asal Mula Markisa di Karo

by
Markisa dari Karo
Markisa dari Karo

Dari tulisan di Kolonial Institute di Amsterdam, Volume 0, Nomor 14, 1 Desember 1934 :

Markisa atau Markieza dari Karo

 

Markieza atau markisa adalah buah dari pohon anggur (Passiflora cdulis Sims), yang tumbuh awalnya di Amerika Selatan. Lalu ditanam di  Hindia Belanda. Tanaman ini baik tumbuh di daerah pegunungan, atau daerah di iklim yang relatif tidak begitu panas. Seperti pada gambar. tanaman tumbuh merambat dengan banyak cabang, menjulur di tiang-tiang seperti membentuk tempat berteduh.

 

Markisa dari Karo
Markisa dari Karo

 

Di daerah pegunungan Jawa Barat telah lama dikenal. Perkebunan pertama markisa ditanam tahun 1914 oleh Prof. L. P. DE Bussy. Kemudian dibawa dari Jawa Barat ke Dataran Tinggi Karo, daerah Pantai Timur Sumatera. Beberapa tahun terakhir memang sedang tumbuh ekpansi ke arah sana.

Di dataran rendah, misalnya di Medan, tanaman akan tumbuh, tapi tidak pernah berbuah. Namun sebaliknya di Dataran Tinggi, hampir sepanjang tahun semua buah bisa dipanen dan beberapa kali diperoleh hasil panen lebih banyak.

Setelah dua tahun ditanam,  kami menerima paket kecil Markisa bersama dengan Terong Blanda (Cyphomandra betacea Sendtn). Paket pertama tiba di Rotterdam tanggal 13 Juni 1933 yang dimasukkan pada ruang pendingin dari kapal MS “Indrapoera,” dan yang kedua tiba pada tanggal 26 Juli 1933 dengan kapal MS “Sibajak.” Kehadiran buah ini layak diperhitungkan, sukses memancing minat yang ingin mengetahuinya.

Di Medan, seluruh isi buah sering dicampur dengan terong blanda oleh banyak orang Eropa dan dimakan sebagai makanan penutup. Melalui deskripsi yang digambarkan dalam beberapa majalah tentangnya ternyata kian menarik banyak  perhatian.